Tuesday, October 22, 2013

Sistem Otomatisasi Rumah


Sistem Otomatisasi Rumah - Home Automation System


Bila anda akan berlibur keluar kota, dan pembantu juga tidak ada di rumah, apakah yang perlu anda lakukan? Apakah Anda harus menyalakan lampu di luar rumah 24 jam sehari selama liburan, sehingga pada malam hari rumah Anda tidak gelap gulita? Atau apakah Anda harus menyewa orang untuk menyalakan lampu-lampu itu pada malam hari dan mematikannya pada pagi hari?

Pada saat pulang dari kantor, apakah Anda menginginkan agar 10 menit sebelum anda datang AC sudah menyala atau air panas di kamar mandi Anda sudah tersedia?

Inginkah anda setelah menstart mobil anda untuk pergi ke kantor, tak lama kemudian pintu garasi dan gerbang terbuka secara otomatis, dan ketika mobil anda meninggalkan rumah, pintu garasi dan gerbang tadi tertutup lagi seperti kena jampi-jampi “Open/Close Sesame” nya Alibaba ?

Ketika anda pergi berlibur bersama keluarga, dan pembantu anda juga mudik ke kampungnya, inginkah anda agar taman atau kebun anda tetap segar dengan memasang penyiram taman yang setiap hari anda jadwalkan bekerja sendiri jam 07:00 - 07:15 dan jam 16:30 - 16:45 ?

Selama ini, hal-hal seperti itu sepertinya tidak mungkin dan masih berupa angan-angan. Namun, dengan SISTEM OTOMATISASI RUMAH (HOME AUTOMATION SYSTEM) semua itu akan terwujud dengan mudah semudah membalik telapak tangan.


Apakah Home Automation System (HAS) itu ?


HAS adalah alat pengontrol untuk semua peralatan listrik di dalam rumah yaitu :

  • Lampu penerangan di dalam dan di luar rumah
  • Pompa air pengisi menara penyimpan air
  • Pembuka Tirai
  • Pembuka Pintu Gerbang Rumah
  • Pendingin Ruangan (AC)
  • Pemanas Air Untuk Mandi (Water Heater)
  • Penyiram tanaman
  • Berbagai peralatan listrik lainnya

Dengan memiliki HAS maka semua peralatan listrik tersebut dapat di-otomatisasikan, atau dijalankan secara otomatis. Untuk itu HAS mempunyai sensor atau detector yang mempunyai  kemampuan mendeteksi sebagai berikut :

  • Apakah pencahayaan di dalam ruangan kurang memadai sehingga perlu untuk membuka tirai ?
  • Apakah waktu sudah menunjukkan jam 18:00 atau sore menjelang malam? Bila ya maka lampu penerangan di luar rumah harus dinyalakan.
  • Apakah menara air kosong atau sudah penuh? Bila kosong maka pompa air harus dinyalakan.

Dengan kata lain, HAS harus memiliki pengindera (detector) suhu, pencahayaan dan pengindera waktu, dan ketinggian air di menara air, dan kemudian membuat keputusan untuk menyalakan atau mematikan peralatan yang dikontrolnya. Jadi pekerjaan yang dilakukan HAS adalah sebagai berikut :

  • Membuka tirai pada jam 06:00 pagi hari, kemudian memantau pencahayaan di luar ruangan. Bila di luar terlalu terang, maka tirai ditutup misalnya 50%. Bila cuaca mendung, tirai dibuka kembali.
  • Menyalakan Lampu penerangan di luar rumah dapat dinyalakan pada malam hari, yaitu mulai jam 18:00 dan mematikannya pada jam 06:00 pagi hari.
  • Menyalakan pompa air bila air di menara kosong, dan mematikannya bila air di menara sudah penuh.  

 

Moda kerja HAS :


Tidak semua peralatan dalam rumah dikontrol oleh HAS, karena pemilik rumah tentu menginginkan agar peralatan tertentu hanya diatur oleh dirinya sendiri. Misalnya Pendingin (AC) di sebuah ruangan, dinyalakan oleh orang yang datang untuk memakai ruangan itu, dan segera dimatikan bila akan meninggalkan ruangan itu.  

Pengoperasian Pendingin Ruangan seperti itu disebut pengoperasian secara Manual, sedangkan pengoperasian lampu penerangan di luar rumah yang dengan sendirinya menyala pada malam hari dan padam pada pagi dan siang hari disebut pengoperasian secara otomatis.

HAS mempunyai tiga moda kerja. Pada Panel HAS, ada selector 3 posisi untuk memilih salah satu dari ketiga Moda kerja tersebut :

  • Posisi 1 - Automated : Pengoperasian peralatan listrik dengan menggunakan HAS, yaitu berdasarkan waktu (malam atau siang), atau berdasarkan informasi dari pengindera (suhu, pencahayaan dan lain-lain)
  • Posisi 2 - Manual: artinya bila HAS rusak atau mengalami gangguan, maka semua peralatan listrik dioperasikan secara manual dengan sakelar biasa.
  • Posisi 3 - Tidak dioperasikan atau Off.

 

HAS memiliki bagian-bagian sebagai berikut :


  • Panel Kontrol, yang merupakan otak dari HAS. Panel Kontrol berfungsi sama dengan komputer, yang didesain khusus untuk menjalankan HAS.  Panel Kontrol menerima informasi dari sensor atau pengindera suhu ruangan, penuh atau kosongnya menara air, pencahayaan di luar rumah, dan detak jam yang terus menerus dipantau.
  • Terminal Grafik, yang pada dasarnya adalah komputer biasa tetapi dengan layar monitor yang cukup besar untuk dapat menampilkan denah ruang-ruang yang ada di dalam rumah, misalnya garasi, ruang makan lantai 1, ruang tidur lantai 2, dan seterusnya. Dari denah ini kita bisa melihat status pintu-pintu kamar, apakah ada yang terbuka, atau semuanya tertutup. Juga dapat dilihat status lampu-lampu kamar yang dalam keadaan menyala atau padam.  Kita dapat menggunakan mouse untuk mengklik kotak On/Off di dekat lampu untuk menyalakan/mematikannya. Melalui terminal ini pula kita memasukkan program untuk menjalankan Panel Kontrol, ataupun memodifikasi program yang sudah ada.
  • Sensor/Pengindera yang memberikan informasi misalnya tentang suhu kamar, pencahayaan luar rumah, dan status menara air, agar informasi ini diolah oleh PK, untuk mengambil keputusan menjalankan atau mematikan peralatan listrik.
  • Relay Output (RO): Menerima perintah menyala atau padam dari Panel Kontrol, misalnya menyalakan lampu penerangan di luar rumah, membuka tirai, menjalankan pompa air dan lain-lain.
  • Remote Control : Dengan Remote Control, kita dapat memberikan perintah Override atau “Override Command” pada Panel Kontrol yang langsung akan menjalankannya karena Override Command memiliki prioritas yang tertinggi.  Dengan Remote Control kita dapat menyakan atau mematikan lampu penerangan di dalam rumah, mengatur terang/redupnya lampu tidur yang dilengkapi dengan dimmer, ataupun untuk membuka/menutup pintu garasi dan pintu gerbang rumah dari dalam mobil.
  • Push Button : Dengan Push Button, kita juga dapat memberikan Override Command  untuk menyalakan atau mematikan lampu, juga untuk mengatur nyala/mati beberapa lampu di dalam ruangan, sedemikian rupa sehingga dapat diatur terangnya lampu sebesar 25%, 50%, 75% dan 100%, dengan mematikan satu atau beberapa lampu. Dapat juga kita atur presentasinya sebesar 33%, 66% dan 100%  sesuai dengan program  yang kita berikan kepada Panel Kontrol.
  • Kartu seluler : Dapat dipasangkan pada Panel Kontrol, agar dapat berkomunikasi dengan HP. Misalkan anda  bersama keluarga sedang dalam perjalanan pulang ke rumah. Dengan SMS, anda dapat memberikan perintah agar water heater di rumah dinyalakan 5 menit sebelum anda sampai di rumah, agar anda dapat segera mandi dengan air hangat.

Konfigurasi HAS dan pemrogramannya :


Tidak semua rumah membutuhkan konfigurasi HAS yang sama. Ada yang memerlukan konfigurasi yang otomatis penuh, ada yang perlu control untuk beberapa peralatan listrik saja, dan adapula yang hanya memerlukan HAS untuk satu peralatan saja, misalnya lampu penerangan di luar rumah. 

Jadi sebelum memesan HAS, anda harus menentukan jumlah point-nya, antara lain :

  • Jumlah DI (Digital Input), misalnya untuk status pintu terbuka atau tertutup, status bak air penuh atau kosong, dan sebagainya. Contohnya, yang diperlukan adalah 20.
  • Jumlah AI (Analog Input), misalnya untuk temperature ruang, intensitas cahaya dan sebagainya. Contohnya, yang diperlukan adalah 3.
  • Jumlah DO (Digital Output), misalnya untuk menyalakan lampu, menjalankan pompa, AC dan sebagainya. Contohnya, yang diperlukan adalah 8.
  • Jumlah AO (Analog Output), yang digunakan untuk Dimmer, atau alat yang dapat meredupkan cahaya lampu.


Bila anda berminat memasang HAS di rumah anda, dan memerlukan keterangan yang lebih terperinci, silahkan menghubungi saya :

Jusman Sulaiman
Alamat : Jl. Jrobang Indah No. 25
Banyumanik, Semarang 50261
Nomor HP : 088806477579
Alamat e-mail : jusmansulaiman@yahoo.com

No comments:

Post a Comment